mommy cita & zeta

TORCH

Posted on: September 8, 2008

TORCH ( Toxo, Rubella, CMV dan Herpes ) adalah jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus dan parasit yang terjangkit dari binatang atau hewan peliharaan seperti ayam, kucing, tikus burung, kambing, sapi, anjing, babi dan binatang lainnya.

Jika Torch menyerang ibu hamil pada trisemester I dan trisemester 2 akan berakibat patal pada janin, bisa kemungkinan keguguran, kejang hingga perkapuran di jaringan otak. oleh karena itu, ibu hamil harus berhati-hati.

Toksoplasma

bentuk kelainan yang diakibatkan oleh toksopasma pada bayi dapat berupa kelainan seperti, hidrosefalus, mikrosepalus, ada kejang, retardasi mental, infeksi pada retina matam pengkapuran diharingan otak.

Rubella

bentuk kelainan yang disebabkan rubella berupa kelainan jantung bawaan, katarak,mikrosefalus, gangguan pendengaran dsb

CMV (SitoMegaloVirus)

bentuk kelainan yang disebabkan oleh CMV bentuknya hampir sama dengan yang disebabkan oleh toksoplasma.

untuk mengetahui seseorang/ibu hamil apakah terkena TORCH perlu dilakukan uji/test darah, adapun test yang dilakukan dengan mengukur kadar imunoglobulin G ( IgG) dan kadar imunoglobulin M dalam darah.

Pencegahan terkena Torch terutama bagi ibu hamil, yaitu dengan menghindari memakan daging setengah matang ( sate ), makan sayur matang, menghindari diri dari kotoran binatang peliharaan, dan berobat jika terinfeksi.

Tinggalkan komentar